Jumat, 20 September 2013

Komprehensif dan Dag Dig Dugnya

    
Komprehensif menjadi suatu ujian yang paling ditakuti oleh mahasiswa tingkat akhir, bisa dibilang kompre adalah Ujian Nasionalnya mahasiswa. Mungkin para junior bertanya, apa sih kompre ? begitu juga dengan gue dulu gak ngerti apa itu kompre. Kompre itu semacam ujian dari beberapa mata kuliah yang pernah kita pelajari, ada 3 penguji yang akan menguji kita dalam 1 hari. 2 penguji mata kuliah ke-informatikaan dan 1 penguji tentang keagamaan, yah karna Universitas Islam yang 1 ini gak akan ketinggalan. 

       Kenapa ujian yang 1 ini menjadi ujian yang paling mengkhawatirkan? karena e karena selain kita membayar seharga Rp.150.000,- ujian ini pun sering sekali ada yang tidak lulus, oleh karena itu harus mengulang kembali ujian ini 2 bulan mendatang yang katanya sih mesti bayar lagi. Tak sedikit juga mahasiswa/i yang menangis ketika ujian. Oyah ujian ini diadakan setiap 2 bulan sekali.
 (Foto Kompre Juni 2013 Angk.2009)

        Sedikit bercerita dan memberikan tips untuk menghadapi ujian kompre ini, saat itu bulan Mei 2013 temen-temen gue ngajak gue buat ikut kompre, karna cerita-cerita dari senior kalo kompre itu begini begitu bla bla bla membuat diri gue stres setengah mati, hingga hari pendaftaran terakhir tiba, gue yang udah siap dengan semua persyaratan kompre tiba-tiba kabur begitu saja tanpa kabar ke temen-temen, singkatnya gue melarikan diri dari sesuatu yang akan gue hadapi, istilah asingnya paeh samemeh dipacok. Setiap orang mempunyai kelemahan masing-masing, dan mungkin kelemahan gue ya disitu. Gue pulang ke rumah tanpa ada temen yang tau, sms dan telepon dari temen-temen sengaja diabaikan. Hampir seminggu di rumah, orang tua baru menanyakan kenapa gue berlama-lama di rumah, heran juga mungkin mereka, karna biasanya gue kalo pulang ke rumah paling lama 3 hari. Akhirnya gue bercerita tentang kaburnya gue menghadapi ujian kompre, gue takut mereka marah, tapi ternyata tidak, mereka (bokap & nyokap) malah menyemangati dan menasehati. Setelah seminggu lebih di rumah, merenung dan menyiapkan energi untuk melalui proses-proses menuju indahnya wisuda, gue kembali ke bandung dengan semangat yang membara.

       Ujian kompre ini menjadi suatu hal yang mendebarkan, dari mulai pembukaan, ujian dan pengumuman hasil lulus dan tidak lulusnya ujian ini. 1 bulan menjadi waktu yang dipersiapkan gue untuk menghadapi ujian kompre, selama sebulan itu gue me-review materi kuliah yang sudah diberikan selama 7 semester.  
Tips menghadapi kompre :
  1. Belajar bareng temen-temen menjadi strategi pertama dalam mempersiapkan ujian kompre, karna menurut gue belajar bersama lebih efektif. Gue, Hambali dan Aom hampir setiap hari belajar bersama dengan konsep ketika di kosan masing-masing mempersiapkan mata kuliah yang sudah dipilih masing-masing dan akan dijelaskan kembali di depan layaknya seorang dosen, diskusipun akan tercipta dengan belajar seperti ini dan wawasan serta ilmu yang masuk akan lebih banyak diserap.
  2. Mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dosen, caranya dengan menanyakan pada temen-temen yang sudah lebih awal ujian.
  3. Merangkum materi
  4. Mental
  5. Minta Doa Orang Tua
  6. Berdoa

1 hal yang gue dapatkan dalam  kisah ini adalah tak apa kita menjadi seorang pecundang untuk mempersiapkan hal yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar

ejherockchan@2011. Diberdayakan oleh Blogger.

My Dream Digital Photo Studio

My Dream Digital Photo Studio
Klik gambar untuk langsung ke twitternya